Article Detail
Science Project Kelas 4
Pada hari
Selasa, 17 Mei 2021 seluruh peserta didik kelas 4 SD Tarakanita 5 melakukan
kegiatan Science Project bersama Kids Science Club. Tepat pukul 10.30, seluruh
peserta didik masuk dalam zoom Science Project ini dengan diawali oleh berdoa,
kata sambutan dari Ibu Christine selaku wakil kepala sekolah bidang kurikulum,
dan perkenalan Kids Science Club.
Kak Elisa dan Kak Dhani selaku pembawa
acara science club ini mengawali kegiatan dengan menyapa seluruh peserta didik
dengan salam Sains: Seru, Unik, Asik, Yes! Kegiatan di awali dengan percobaan 1
yaitu Gaya Listrik dengan menggunakan bahan-bahan sebagai berikut :
- Baterai A3
- Lampu bohlam
- Karet gelang
- Tusuk gigi
- Solasi
- Kabel Kecil 10mm dengan panjang 20cm
Pada kegiatan percobaan 1, Kak Dhani memperlihatkan pembuktian bahwa gaya listrik bekerja pada sebuah kabel dan baterai sehingga lampu bohlam dapat menyala. Selanjutnya Kak Dhani juga menunjukkan ada beberapa benda yang bisa menghantarkan listrik misalnya dengan menutup ujung baterai dengan klip kertas dan hasilnya lampu bohlam menyala, sedangkan saat ditutup dengan kertas lampu bohlam tidak bisa menyala. Artinya arus listrik hanya dapat mengalir pada benda yang mampu menghantarkan arus listrik misalnya dengan benda yang terbuat dari besi.
Selanjutnya, percobaan 2 yang
dilakukan oleh Kak Dhani yaitu Animasi Gambar. Dalam percobaan kedua,
bahan-bahan yang diperlukan adalah:
- Stik balon
- Gambar burung dan sangkarnya bersebelahan atau gambar lingkaran dan
tanda plus bersebelahan
- Tusuk sate
- Benang kasur
- Sedotan pop ice yang sudah dilubangi di salah satu ujungnya
Pada kegiatan percobaan 2, langkah pertama yang dilakukan oleh Kak Dhani adalah dengan melipat kertas yang bergambarkan burung dan sangkarnya yang bersebelahan. kertas tersebut dilipat menjadi dua bagian sehingga bagian depan bergambar burung dan bagian belakang bergambar sangkar yang kemudian pada bagian tengah kertas ditempelkan dengan tusuk sate. Langkah kedua, memasukkan tali kasur ke dalam lubang yang berada pada ujung sedotan pop ice. Langkah ketiga mengikat kedua ujung stik balon dengan benang kasur yang telah dimasukkan ke dalam ujung pop ice sehingga stik balon akan berbentuk agak melengkung. Langkah keempat memasukkan tusuk sate bertempelkan kertas burung dan sangkarnya ke dalam sedotan pop ice. Langkah kelima menari dan mendorong sedotan tersebut sehingga kertas akan berputar dan akan terlihat burung yang masuk ke dalam sangkarnya. Pada kegiatan percobaan 2 ini Kak Dhani ingin menunjukkan adanya gaya gesek antara tali dan tusuk sate.
Dari kedua projek sains ini, seluruh
peserta didik kelas 4 melakukannya dengan penuh antusias dan ceria. Mereka
melakukan setiap langkah yang ditunjukkan oleh Kak Dhani dengan penuh seksama.
Berikut hasil percobaan yang dilakukan oleh seluruh peserta didik kelas 4 SD
Tarakanita 5 yaitu Animasi Gambar:
-
there are no comments yet